SELAMAT DATANG

SEMOGA ADA MANFAAT

Jumat, 23 Maret 2012

Awas Demam Berdarah (DBD)


oleh : Herman Hilmy Sulaiman

Siapa yang tidak menganal dengan penyakit yang satu ini, penyakit yang berbahaya dalam kehidupan kita. Penyakit demam berdarah punya gejala yang mirip dengan demam biasa, demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue. Virus ini dibawa dan ditularkan melalui gigitan nyamuk demam berdarah.
Namun terkadang disertai munculnya bintik-bintik merah. Memang perlu tes darah untuk memastikan apakah seseorang memang terkena demam berdarah atau tidak. Nyamuk ini punya nama latinnya yaitu Aedes  aegypti dan Aedes albopictus. Keduanya hidup hampir diseluruh pelosok yang ada diIndonesia, kecuali daerah pergunungan yang ketinggiannya lebih dari 1.000 meter diatas permukaan laut.
Syaidara Lamuri dimanapun Syaidara berada, adapun gejala-gejala yang dihadapi adalah :
1.      Mendadak demam tinggi selama 2-7 hari, disertai sakit kepala.
2.      Nyeri pada otot dan sendi     
3.      Muncul bintik-bintik merah terang. Biasanya muncul dulu pada sebagian badan, tetapi ada juga yang langsung menyebar diseluruh tubuh
4.      Hidung dan gusi mengeluarkan darah
5.       Sakit perut, mual, muntah-muntah, atau diare.

Syaidara Lamuri Demam berdarah ini jika tidak segera mendapat pertolongan dari Dokter, maka penderita demam berdarah dapat meninggal dunia. Makanya, segera bawa keluarga, teman dan siapapun yang terkena demam berdarah ke rumah sakit, dokter atau Puskesmas,  adapun gejala seperti yang sudaah tertera diatas.
Dalam kehidupan Syaidara pasti tak ingin terkena penyakit demam berdarah yakan?? Tapi tidaak perlu takut semuanya itu ada pencegahannya sebelum terlambat. Cegahlah dengan cara :
1.      Kuraslah tempat penampungan air, kemudian tutup rapat-rapat.
2.      Kuburlah barang-barang bekas yang ada disekitar rumah. Terutama yang dapat menampung air hujan, seperti kaleng bekas, botol, plastik dan tempurung kelapa.
3.      Taburkan bubuk Abate atau Altosid (obat pembunuh jentik nyamuk) 2-3 bulan sekali terutama ditempat air yang sulit dikuras.
4.      Ada baiknya kita memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.
5.      Cegahlah gigitan nyamuk menggunakan obat anti nyamuk.
6.      Pasanglah kawat kasa pada jendela serta ventilasi.

Demikianlah secara singkat penulis jelaskan, semoga bermafaat buat penulis sendiri dan syaidara-syaidara lon ban mandum....... marilah kita menjaga kebersihan dalam rumah, lingkungan dan tempat-tempat yang airnya tergenang. Karena kesehambal aatan lebih beharga dari segalanya.. Amin ya rabbal’alamin............ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar