SELAMAT DATANG

SEMOGA ADA MANFAAT

Kamis, 18 Agustus 2011

TIPS MENJALANKAN PUASA DENGAN NIKMAT

OLEH : HERMAN, S. Pd. I

Bagi umat Muslim diseluruh dunia bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan pengampunan. Dibulan Ramadhan, umat Muslim juga diwajibkan untuk berpuasa. Bagi para pekerja, berpuasa di saat bekerja memang sangat berat. Beban apapun bertambah karena disaat puasa kita harus menjaga hati, pikiran, dan percakapan.
Berikut ini merupakan tips menjalankan puasa dengan nikmat :

1.      Membaca Al-Qur’an
Membaca Al-Qur’an memang memiliki banyak mafaatnya dan pahala yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan mengaji hati kita akan tentram atau tenang dalam sehari-harinya. Damai dalam hati serta di jauhkan dari hal-hal yang buruk. Membaca Al-Qur’an juga bisa menyingkat waktu berpuasa, karena jika kita asik mengaji waktu yang dirasakan berat itupun tidak ada artinya.
2.      Senyum
Senyum merupakan pekerjaan yang sangat mudah diberikan setiap orang, dan memiliki manfaat sangat besar. Dengan senyuman, seseorang yang sedang marah akan merasa sangat damai. Saat kita tersenyum kepada orang lain disitulah pikiran negative dan rasa lelah akan sirna. Oleh karena itu menagapa senyum termasuk Ibadah, karena selain membuat hati kita tenang juga bisa membuat hati orang lain senang.
3.      Berpikiran Positif
Pikiran positif membantu kita untuk menenangkan otak dan diri kita dari masalah belum tentu terjadi. Manusia cendrung berpikiran negative terhadap sesuatu yang belum tentu terjadi atau pada orang yang belum terlalu kita kenal. Saat kita berpikir negatif, maka disitulah kita dihinggapi pikiran yang was-was dan tidak tenang. Sehingga dapat membuat puasa kita tidak lancar dan membuang-buang waktu untuk memikirkan hal-hal yang tidak perlu.
4.      Selalu Istighfar
Membaca Istighfar memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya menghindari kita untuk berpikiran jahat terhadap orang lain, terhindar dari godaan Syetan, mengusir kesedihan, dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Dengan memperbanyak membaca Istighfar, kita  bisa mendapat rahmat dan kebaikan dari Allah SWT. 
5.      Bersedekah
Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh berkah dan rahmat. Oleh karena itu, bagi setiap orang dianjurkan untuk berbuat kebajikan untuk orang lain seperti bersedekah. Bersedekah bisa dengan cara apa saja, seperti memberi uang untuk masyarakat kurang mampu, mengajak warga kurang mampu untuk berbuka atau sahur bersama-sama. Bersedakah di bulan suci jauh lebih baik dari pada Anda menghamburkan uang untuk membeli baju baru mahal untuk lebaran. Allah SWT lebih mencintai umatnya yang menghadiahkan sedikit rezekinya untuk sesama umat yang kurang mampu daripada menghamburkan rezekinya hanya untuk memamerkan diri untuk kepuasan semata. 
6.      Menghibur Diri
Saat bekerja di bulan puasa, pada umumnya kita akan merasa jenuh dan seakan-akan waktu berjalan lebih lama. Untuk menghindari hal itu, luangkanlah waktu Anda untuk menghibur diri seperti bermain games di komputer atau game elektronik, atau dengan berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata di sekitar daerah rumah Anda. Hal ini bisa membuat waktu berjalan dengan cepat serta merekatkan hubungan Silaturrahmi Anda dengan keluarga atau teman.
Sekian tips ini saya sampaikan, semoga bisa membantu Anda menjalankan Ibadah Puasa dengan baik dan bermanfaat. Selamat menunaikan Ibadah Puasa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar