SELAMAT DATANG

SEMOGA ADA MANFAAT

Kamis, 18 Agustus 2011

MENGAJAK ANAK BERPUASA

Add caption
Diawal tulisan kali ini penulis ingin menuturkan puji kepada Allah Swt dengan puja-puji yang tak terukir dengan kata-kata. Karena Allah telah menganugerahkan anugerah terindah di kehidupan ini yaitu anak.
Dalam hal ini kita harus selalu menjaga, membimbing, mengyomi dan memotivasi mareka dengan tulus dalam hal penndidikan terutama, mangajaknya dalam hal-hal yang wajib tentunya, seperti mengajak anak kita untuk melakukan Ibadah Puasa.
Mengajak anak berpuasa menurut penulis adalah wajib karena anak harus dibiasaka dengan hal-hal yang baik dan melatihnya sejak dini demi terwujut dan terlaksana hal-hal tersebut di kemudian hari, diusia dini 2 – 7 tahun anak butuh dikembangkan potensinya karena dimasa ini anak selalu punya rasa kecendrungan dan keingintauan juga ingin mencoba aktif dan cerdas, dimasa ini pula anak harus diberikan dasar-dasar tauhid malalui sentuhan dzauq (rasa ingin taunya di bombing dan diarahkan) mengajaknya dalam hal kebaikan hingga nanti akan mempertajam akal anak.
Usia 7 – 10 tahun tahap tamyiz (kemampuan awal membedakan) baik buruk benar salah menurut nalarnya. Nah di usia ini peran orang tua sangat menentukan masa depan anak, kemauan dan keinginannya jangan terlalu cepat di iyakan dan jangan terlalu cepat di tidakkan, motivasi ia.
Beri ia pembelajaran dan jelaskanlah permasalahan yang ingin ia tahu sebelum menyuruh atau mengajak berpuasa, sebagai orang tua yang baik kita wajib menjelaskan dulu puasa itu apa sih dan bagaimana? Kenalkan dulu sesuatu itu pada anak dengan baik hingga ia mengerti, Insya Allah esoknya ia akan mencobanya, bila anak bandel penggillah namanya dengan indah karena naman seseorang laksana bunyi yang peling enak didengar dan dengarkan ia, beri ia waktu untuk bertanya.
Ada beberapa kiat dalam upaya pembinaan dan mengajak anak dalam pembelajaran Berpuasa.
-         Jangan memaksa dia dengan hal yang tak sanggup ia jalani
-         Biasakan ia melakukan sesuatu dengan baik
-         Jangan biarkan anak tertidur setelah shalat subuh karena setelah bangun ia akan merasa lapar dan haus / lalaikan ia dengan aktivitas seperti mengaji.
-         Bila susah tidur siang antarlah tidurnya dengan cerita-cerita Islami dengan bahasa yang mudah di pahami.
-         Bila ia bandel tataplah ia dengan tatapan kasih sayang karena memandang adalah pelajaran pertama kejujuran, kejujuran bagian pertama dari buku kebijaksanaan.
Penulis merasa sangat mudah mengajak anak berpuasa apalagi di motivasi oleh Ummynya tercinta… selamat berpuasa ya…???
Semoga terwujud dan terealisasi wujud ketaatan kita sebagai seorang penyembah kepada Sang yang di Sembah yaitu Allah SWT. (Nurmawanti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar