SELAMAT DATANG

SEMOGA ADA MANFAAT

Sabtu, 04 September 2010

Ramadhan Telah Berakhir

Oleh : Herman


Ramadhan bulan yang penuh dengan Rahmat, Maqfirah dan ‘Itqun minan - naar telah kita jalanin dengan baik, ibadah demi ibadah telah kita lakukan ikhlas hati, untuk mendapatkan ampunan dari Sang Maha Pencipta. Dalam bulan yang suci yang telah kita tinggalkan dengan penuh rasa haru, karena belum tentu kita kedepan bisa jumpa lagi bersama bulan yang penuh dengan rahmat ini.


Ramadhan yang penuh berkah harus kita jadikan sebagai momentum untuk menyelamatkan masyarakat dengan melakukan taqarrub ilallah (mendekatkan diri kepada Allah), baik dengan taubat, munajat dan menjalankan sejumlah peribadatan maupun dengan khidmat yakni memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat agar kehidupan kita betul-betul dapat dirasakan manfaatnya bagi orang lain dan perbaikan masyarakat dapat kita wujudkan dari waktu ke waktu, baik perbaikan diri, keluarga, masyarakat maupun bangsa dan negara.


Dalam bulan Ramadhan, kenapa dikatakan bulan yang penuh dengan rahmat dan maqfirah? Karena bulan Ramadhan lain dari bulan – bulan lain, dalam bulan Ramadhan dilipat gandakan pahala oleh Allah, dari yang sunat dinilai dengan pahala wajib apa lagi dengan yang wajib. Subhanallah.


Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat-sangat istimewa, karena selain malam yang pertama kali turunnya Al-Qur’an, juga ada malam yang emang betul-betul istimewa dari seribu malam yaitu malam Lailatul Qadar, bila kita bertemu dengan malam tersebut sama dengan melakukan ibadah 70 tahun lamanya, semoga kita senantiasa selalu berdo’a semoga Ramadhan yang akan datang kita juga bisa merasakan dengan baik juga.


Kita patut bersedih sebagai umat Islam, karena bulan yang kita cintai talah meninggalkan kita, sekarang kita harus berpikir apakah amalan – amalan yang telah kita lakukan didalam bulan Ramadhan yang lalu, penuh dengan amalan-amalan yang baik atau pun amalan yang tidak di Ridhai oleh Allah, kita harus mengintrofeksi diri kejalan yang baik.

Ada juga sebagian umat Islam biasa-biasa aja karena mereka tidak memikirkan apa yang telah Allah berikan kepada kita untuk kebaikan dunia dan akhirat nanti. Mereka tidak menggunakan pikiran yang positif, yang sehat, mereka selalu ingin hidup senang dengan kemaksiatan yang telah mereka lakukan didunia ini. Sedangkan Allah sendiri telah berjanji dalam Al-Qur’an, “Tidak akan mengubah sesuatu kaum kalau kaum itu tidak mengubahnya sendiri”. Maka kita harus berpikir dengan jernis dan dengan jiwa yang sehat. Supaya kita selalu diberi berkah oleh Allah SWT.


Sekarang bulan yang penuh dengan Rahmat telah meninggalkan kita. Kita semua telah suci karena dalam Bulan Ramadhan kita juga telah membayar Zakat Fitrah untuk sucikan kembali diri kita seperti kertas putih. Semoga kita lebih baik dalam menjalanin hidup ini untuk kedepan, karena dengan adanya bulan Ramadhan kita bisa belajar karena bulan Ramadhan disebut juga dengan bulan Pendidikan atau bulan untuk melatih diri dalam kebaikan, kita do’akan kepada Allah tahun depan kita semua dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan. Amin Ya Rabbal ‘Alamin…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar